Selasa, 04 Oktober 2011

Tips Mengerjakan Psikotes

Kebanyakan orang hampir semua pernah mengikuti yang namanya Psikotes, apa lagi bagi mereka yang sering mengikuti seleksi perekrutan karyawan pada sebuah instansi atau perusahaan (salah satunya saya.. :D). Tapi tak banyak juga yang pernah mengalami kegagalan (tidak lulus) pada tes ini, eiitss jangan menyerah dulu karena bukan berarti nilai psikologis yang kita miliki kurang atau di bawah rata-rata. Kondisi ini bisa juga disebabkan tubuh yang kurang fit, tertekan, capek, atau sedang tidak mood. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu sebelum kita mengikuti psikotes.

  1. Jangan lupa untuk sarapan sebelum menghadapi tes.
  2. Kondisikan diri anda dalam situasi yang kondusif, tenang, dan jangan panik terhadap apapun yang anda rasakan. ketika anada panik, soal-sola itu akan terasa lebih sulit.
  3. Jangan berpikir pesimis terhadap soal-soal psikotes yang dihadapi. Tumbuhkan sikap optimis bahwa anda mampu mengerjakannya dengan baik.
  4. Ketika menjawab semua soal psikotes, usahakan untuk memilih jawaban yang benar-benar mewakili diri sendiri.
  5. Jangan terpengaruh dengan jawaban orang lain. Ingat, hasil tes psikologi merupakan cerminan bakat dan karakter diri sendiri.
  6. Bacalah semua instruksi soal dengan baik. Dan, perhatikan juga waktu pengerjaan soal.

Jadi, saat mengahadapi psikotes, persiapkan diri anda sebaik mungkin, dari mempelajari materi, menjaga kondisi tubuh, sampai mengolah mood secara benar. Semoga sedikit tips dari saya dapat membantu. Dan semoga sukses...!

0 komentar:

Posting Komentar